Risalah Salat Berjamaah oleh Syaikh bin Baz

وجوب أداء الصلاة في الجماعة

: الحمد لله رب العالمين، والصلاة والسلام على رسول الله وآله وصحبه ومن والاه، أما بعد

Segala puji untuk Allah Tuhan semesta alam, salawat dan salam semoga terlimpah untuk Rasul-Nya, keluarganya, dan semua orang yang mengikutinya. 

فقد اطلعت على المقال المنشور في صحيفة الرياض في عددها الصادر يوم الخميس 27/7/ 1415هـ، بقلم من سمى نفسه الدكتور: ع. ر، يستنكر فيه إغلاق الدكاكين والمحلات التجارية وقت الصلوات الخمس، ويرى أن هذا الأمر خاص بالجمعة.

Adapun berikutnya, aku telah membaca sebuah makalah yang dimuat dalam sebuah surat kabar Riyadh dalam salah satu edisinya yang terbit pada hari Kamis 27/7/1415 Hijriah yang ditulis oleh seseorang berinisial Dr. AR, yang mengingkari penutupan toko-toko dan tempat-tempat perbelanjaan ketika masuk waktu salat wajib, dan berpendapat bahwa ini khusus untuk Salat Jumat saja.

ولقد استغربت هذا المقال كثيرا، وهو يدل على قلة علم كاتبه بالأدلة الشرعية، وقد قال الله جل وعلا في كتابه الكريم: وَأَقِيمُوا الصَّلَاةَ وَآتُوا الزَّكَاةَ وَارْكَعُوا مَعَ الرَّاكِعِينَ [البقرة:43] والمعنى صلوا مع المصلين، وقال تعالى: وَإِذَا كُنْتَ فِيهِمْ فَأَقَمْتَ لَهُمُ الصَّلَاةَ فَلْتَقُمْ طَائِفَةٌ مِنْهُمْ مَعَكَ وَلْيَأْخُذُوا أَسْلِحَتَهُمْ الآية [النساء:102].

Aku sangat heran dengan artikel ini karena menunjukkan lemahnya pemahaman penulisnya terhadap dali-dalil syariat. Allah Jalla wa ʿAlā berfirman dalam kitab-Nya yang mulia, 

وَأَقِيمُوا الصَّلَاةَ وَآتُوا الزَّكَاةَ وَارْكَعُوا مَعَ الرَّاكِعِينَ – البقرة:43 

“Dan dirikanlah salat, tunaikan zakat, dan rukuklah bersama orang-orang yang rukuk.” (QS. Al-Baqarah 43)

Maksudnya, salatlah bersama orang-orang yang salat.

وَإِذَا كُنْتَ فِيهِمْ فَأَقَمْتَ لَهُمُ الصَّلَاةَ فَلْتَقُمْ طَائِفَةٌ مِنْهُمْ مَعَكَ وَلْيَأْخُذُوا أَسْلِحَتَهُمْ الآية – النساء:102

فإذا أوجب الله صلاة الجماعة في حال الخوف، فهي في حال الأمن أولى وأوجب، وقد صح عن رسول الله ﷺ أنه قال: من سمع النداء فلم يأته فلا صلاة له إلا من عذر[1] أخرجه أحمد وابن ماجه وصححه ابن حبان والحاكم وإسناده على شرط مسلم، وفي صحيح مسلم عن أبي هريرة  أن رجلا أعمى قال يا رسول الله: ليس لي قائد يقودني إلى المسجد، فهل لي من رخصة أن أصلي في بيتي، فقال له ﷺ: هل تسمع النداء بالصلاة؟ قال: نعم، قال: فأجب[2] فإذا كان الأعمى الذي ليس له قائد يقوده إلى المسجد ليس له رخصة في ترك الجماعة، فكيف بغيره.

Allah juga berfirman, “Dan apabila kamu (Muhammad) berada di tengah-tengah mereka lalu kamu hendak mendirikan shalat bersama mereka, maka hendaklah segolongan dari mereka berdiri untuk salat bersamamu dengan memanggul senjata mereka.” (QS. an-Nisa: 102)

Jika Allah mewajibkan salat berjamaah di tengah rasa takut (perang), maka saat kondisi aman tentu lebih wajib. Ada riwayat sahih dari Rasulullah sallallāhu ‘alaihi wa sallam di mana beliau bersabda, 

من سمع النداء فلم يأته فلا صلاة له إلا من عذر

“Barang siapa yang mendengar seruan (azan) namun tidak mendatanginya maka tidak ada shalat baginya kecuali apabila ada udzur.”[1]

Hadis ini dikeluarkan oleh Imam Ahmad dan Ibnu Majah dan disahihkan oleh Ibnu Hibban dan al-Hakim dengan sanad sesuai dengan syarat Imam Muslim. 

Ada juga hadis dalam sahih Muslim dari Abu Hurairah raḍiyallāhu ʿanhu bahwa seorang lelaki buta berkata, “Wahai Rasulullah sallallāhu ‘alaihi wa sallam, aku tidak punya seseorang yang bisa menuntunku ke masjid, apakah ada keringanan untukku untuk salat di rumahku?” Nabi sallallāhu ‘alaihi wa sallam bersabda kepadanya, “Apakah kamu bisa mendengar azan panggilan salat?” Dia jawab, “Iya.” Beliau berkata, “Penuhi panggilan itu.”[2]

Apabila orang buta yang tidak punya orang yang menuntunnya ke masjid tidak mendapat keringanan untuk meninggalkan salat jamaah, bagaimana dengan orang yang tidak buta?

وفي الصحيحين عن النبي ﷺ أنه قال: لقد هممت أن آمر بالصلاة فتقام، ثم آمر رجلا فيؤم الناس، ثم أنطلق برجال معهم حزم من حطب إلى قوم لا يشهدون الصلاة فأحرّق عليهم بيوتهم[3]، وفي صحيح مسلم عن ابن مسعود  أنه قال: “من سره أن يلقى الله غدا مسلما فليحافظ على هؤلاء الصلوات حيث ينادى بهن، فإن الله شرع لنبيكم سنن الهدى، وإنهن من سنن الهدى، ولو أنكم صليتم في بيوتكم كما يصلي هذا المتخلف في بيته لتركتم سنة نبيكم، ولو تركتم سنة نبيكم لضللتم، ولقد رأيتنا وما يتخلف عنها إلا منافق معلوم النفاق أو مريض، ولقد كان الرجل يؤتى به يهادى بين الرجلين حتى يقام في الصف”[4].

Dalam Ṣaḥīḥain dari Nabi sallallāhu ‘alaihi wa sallam, bahwasanya beliau bersabda,

لقد هممت أن آمر بالصلاة فتقام، ثم آمر رجلا فيؤم الناس، ثم أنطلق برجال معهم حزم من حطب إلى قوم لا يشهدون الصلاة فأحرّق عليهم بيوتهم

“Sungguh aku benar-benar ingin memerintahkan orang-orang shalat berjamaah dan menyuruh seseorang untuk menjadi imamnya, lalu aku pergi bersama beberapa orang membawa kayu bakar menuju rumah-rumah orang yang tidak mengikuti shalat jamaah lalu aku bakar rumahnya.”[3]

Dalam Sahih Muslim dari Ibnu Mas’ud raḍiyallāhu ʿanhu, dia berkata,

من سره أن يلقى الله غدا مسلما فليحافظ على هؤلاء الصلوات حيث ينادى بهن فإن الله شرع لنبيكم سنن الهدى وإنهن من سنن الهدى، ولو أنكم صليتم في بيوتكم كما يصلي هذا المتخلف في بيته لتركتم سنة نبيكم ولو تركتم سنة نبيكم لضللتم، ولقد رأيتنا وما يتخلف عنها إلا منافق معلوم النفاق أو مريض  ولقد كان الرجل يؤتى به يهادى بين الرجلين حتى يقام في الصف

“Barang siapa yang ingin berjumpa dengan Allah dalam keadaan Muslim, maka hendaknya dia menjaga salat lima waktu di tempat dikumandangkan azan (di masjid). Karena Allah telah mensyariatkan kepada Nabi kalian jalan-jalan petunjuk. Dan salat lima waktu (di masjid) adalah salah satu di antara jalan-jalan petunjuk. Seandainya kalian salat di rumah-rumah kalian sebagaimana orang yang tidak ikut salat berjamaah ini, yang salat di rumahnya, maka sungguh kalian telah meninggalkan sunah Nabi kalian. Dan jika kalian meninggalkan sunah Nabi kalian, maka sungguh kalian akan tersesat. Sungguh dahulu aku melihat kami (para sahabat Nabi), tidak ada yang meninggalkan salat berjamaah di masjid, kecuali orang yang jelas kemunafikannya atau orang yang sakit. Sungguh, hingga dahulu ada sahabat yang dibopong ke masjid dan ditopang oleh dua lelaki agar bisa berdiri di shaf untuk shalat.”[4]

والأحاديث في هذا المعنى كثيرة، فالواجب على جميع الرجال أداء الصلاة في الجماعة في بيوت الله حيث ينادى بها، ولا يجوز للدولة ولا لرجال الحسبة أن يقروا أحدا على التخلف عنها من أصحاب الدكاكين والمتاجر أو غيرهم، عملا بالأدلة الشرعية وإعانة لهم على أداء ما أوجب الله عليهم من أداء الصلاة في الجماعة في المساجد، وعملا بما وصف الله به المؤمنين في قوله تعالى: وَالْمُؤْمِنُونَ وَالْمُؤْمِنَاتُ بَعْضُهُمْ أَوْلِيَاءُ بَعْضٍ يَأْمُرُونَ بِالْمَعْرُوفِ وَيَنْهَوْنَ عَنِ الْمُنْكَرِ الآية [التوبة:71].

Hadis yang semakna dengan hadis-hadis ini amatlah banyak, sehingga semua Muslim harus mengerjakan salat wajib secara berjamaah di masjid-masjid Allah yang darinya azan dikumandangkan. Maka, negara atau penegak hukum tidak boleh mengizinkan seorang pun, termasuk pemilik toko, pedagang dan lain-lainnya, untuk meninggalkan salat jamaah di masjid sebagai bentuk mengamalkan dalil-dalil syariat, menolong mereka untuk menjalankan salat jamaah yang Allah wajibkan atas di masjid, dan mengamalkan apa yang Allah sifatkan untuk orang beriman dalam firman-Nya:

وَالْمُؤْمِنُونَ وَالْمُؤْمِنَاتُ بَعْضُهُمْ أَوْلِيَاءُ بَعْضٍ يَأْمُرُونَ بِالْمَعْرُوفِ وَيَنْهَوْنَ عَنِ الْمُنْكَرِ – التوبة:71

“Dan orang-orang yang beriman, laki-laki dan perempuan, sebagian mereka adalah penolong bagi sebagian yang lain. Mereka menyuruh (berbuat) yang makruf, dan mencegah dari yang mungkar, …” hingga akhir ayat 71 surat at-Taubah. 

والله المسئول أن يوفق المسلمين جميعًا لما يرضيه، وأن يمنحهم الفقه في دينه، وأن يوفق ولاة أمر المسلمين لكل ما فيه رضاه وصلاح عباده، وأن يوفق الكاتب الدكتور ع. ر للفقه في دينه والاستقامة عليه، وأن يعيذنا وجميع المسلمين من مضلات الفتن ومن نزغات الشيطان إنه سميع قريب.

Hanya Allah tempat meminta agar umat Islam seluruhnya diberi taufik kepada apa yang Dia ridai dan diberi kepahaman dalam beragama. Semoga para penguasa umat Islam diberi taufik kepada semua hal yang mendatangkan rida-Nya dan kebaikan untuk hamba-Nya.

Semoga Dr. AR diberi taufik untuk memahami agama dan istiqamah di atasnya dan kita semua dijaga dari fitnah-fitnah yang menyesatkan dan bisikan-bisikan setan. Sungguh Allah Maha Mendengar dan Mahadekat.

وصلى الله وبارك على عبده ورسوله نبينا محمد، وعلى آله وأصحابه وأتباعه بإحسان إلى يوم الدين[5].

Semoga Allah melimpahkan salam dan keberkahan atas hamba-Nya dan rasul-Nya Nabi kita Muhammad beserta keluarganya, sahabatnya, dan orang-orang yang mengikutinya dengan baik hingga hari Kiamat.[5]

مفتي عام المملكة العربية السعودية

Mufti Umum Kerajaan Arab Saudi.

[Syaikh Bin Baz]

Sumber:

https://binbaz.org.sa/articles/228/%C2%A0وجوب-اداء-الصلاة-في-الجماعة

PDF Artikel

Catatan kaki:

[1] 

أخرجه ابن ماجه في كتاب المساجد والجماعات، باب التغليظ في التخلف عن الجماعة برقم 793.

Hadis riwayat Ibnu Majah nomor 793 dalam kitab Masjid dan Salat Jamaah, bab tentang ancaman bagi orang yang meninggalkan salat Jamaah.

[2]

أخرجه مسلم في كتاب المساجد ومواضع الصلاة، باب يجب إتيان المسجد على من سمع النداء برقم 653.

Hadis riwayat Muslim nomor 653 dalam kitab Masjid dan Tempat-Tempat Salat, bab tentang wajibnya mendatangi masjid bagi orang yang mendengar seruan azan.

[3]

أخرجه البخاري في كتاب الأذان، باب وجوب صلاة الجماعة برقم 644، ومسلم في كتاب المساجد ومواضع الصلاة، باب فضل صلاة الجماعة وبيان التشديد في التخلف عنها برقم 651.

Hadis riwayat Bukhari nomor 644 dalam kitab Azan, bab tentang wajibnya salat jamaah dan Muslim nomor 651 pada kitab Masjid dan Tempat-Tempat salat, pada bab tentang keutamaan salat jamaah dan penjelasan kerasnya ancaman bagi orang yang meninggalkannya.

[4]

أخرجه مسلم في كتاب المساجد ومواضع الصلاة، باب صلاة الجماعة من سنن الهدى برقم 654.

Hadis riwayat Muslim nomor 654 pada kitab Masjid dan Tempat-Tempat salat, pada bab tentang salat jamaah bagian dari jalan-jalan petunjuk.

[5]

نشر في صحيفة الرياض يوم الجمعة 6/12/ 1415هـ (مجموع فتاوى ومقالات الشيخ ابن باز 30/102).

Tulisan ini diterbitkan di surat kabar Riyadh edisi Jumat 12/6/1415 H (Kompilasi Fatwa dan Makalah Syeikh Bin Baz 30/102).

Video Tata Cara Sholat dan Bacaan Sholat

KLIK GAMBAR UNTUK MEMBELI FLASHDISK VIDEO CARA SHALAT LENGKAP, ATAU HUBUNGI: +62813 26 3333 28

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.