Kesalahan Ketika Sujud & Cara Sujud yang Benar (2019)



Tata Cara Sholat yang Benar Sesuai Sunnah LENGKAP : Kesalahan ketika Sujud & Sujud yang Benar (2019)

Sujud termasuk rukun shalat sehingga perlu kita ketahui tata cara sujud yang benar dalam sholat supaya terpenuhi syarat sujud dalam sholat. Kesalahan ketika sujud terutama berkaitan dengan syarat sujud, bisa menyebabkan sholat kita batal. Diantara syarat sujud adalah bertumpu pada 7 anggota sujud. Artinya, tujuh anggota sujud ini harus menempel di atas lantai atau alas sujud. Tujuh anggota sujud ini disebutkan dalam sebuah hadits tentang sujud dari Ibnu Abbas radhiyallahu anhumaa :

أُمِرْتُ أَنْ أَسْجُدَ عَلَى سَبْعَةِ أَعْظُمٍ عَلَى الْجَبْهَةِ – وَأَشَارَ بِيَدِهِ عَلَى أَنْفِهِ – وَالْيَدَيْنِ ، وَالرُّكْبَتَيْنِ وَأَطْرَافِ الْقَدَمَيْنِ

“Aku diperintahkan bersujud dengan tujuh anggota sujud (badan) : (1) Dahi (termasuk juga hidung, beliau mengisyaratkan dengan tangannya), (2,3) telapak tangan kanan dan kiri, (4,5) lutut kanan dan kiri, dan (6,7) ujung kaki kanan dan kiri.” (HR Bukhari no. 812 dan Muslim no. 490)

[-] Kesalahan ketika sujud yang pertama terkait hidung. Ada perbedaan pendapat apakah menempelkan hidung ketika sujud hukumnya wajib atau tidak. Pendapat yang lebih tepat dan sesuai dalil, menempelkan hidung ketika sujud hukunya WAJIB. Meskipun pendapat syafi’iyah menyatakan tidak wajib, tapi Imam Asy Syafi’i sendiri dalam kitab Al Umm, membenci untuk tidak menempelkan hidung ketika sujud.

[-] Kesalahan ketika sujud yang kedua terkait posisi tangan ketika sujud. Ada beberapa poin kesalahan ketika sujud yang berkaitan dengan posisi tangan ketika sujud, diantaranya adalah menempelkan siku ke lantai (seperti anjing yang menghamparkan kaki depannya di lantai/tanah). Kemudian jari tangan yang tidak diarahkan ke kiblat (begitu juga dengan jari kaki, hendaknya diarahkan ke kiblat, minimal jempol kaki nya).

[-] Kesalahan ketika sujud yang ketiga masih berkaitan dengan posisi tangan ketika sujud yang seringkali dilakukan oleh kaum wanita, yakni merapatkan/menghimpitkan tangan dibawah dada. Cara sujud yang benar untuk wanita adalah sebagaimana tata cara sujud umumnya, yakni siku direnggangkan hingga nampak ketiaknya seandainya tanpa pakaian.

[-] Kesalahan ketika sujud yang keempat adalah menyibak rambut ketika sujud.

[-] Kesalahan ketika sujud yang kelima adalah membaca Al Quran ketika sujud. Terdapat larangan membaca AlQuran ketika sujud. Akan tetapi diperbolehkan berdoa ketika sujud yang mana lafadz doa nya berasal dari Al Quran. Yang harus diperhatikan adalah niatnya, yakni untuk BERDOA ketika sujud menggunakan lafadz tersebut, bukan untuk membaca Al Quran.

Masih ada kesalahan ketika sujud yang belum disebutkan dalam tulisan ini. Simak penjelasan lengkapnya dalam video ” Tata Cara Shalat yang Benar Sesuai Sunnah

LENGKAP : Kesalahan ketika Sujud & Sujud yang Benar ” di atas. Semoga Allah Ta’ala berikan kita kemudahan dalam memperbaiki cara sholat kita agar sesuai dengan tata cara sholat yang benar sesuai petunjuk Nabi ﷺ dan menghindari kesalahan ketika sujud yang dapat batalnya sholat kita. Demikian, wallahu a’lam
#Sujud #SujudYangBenar #CaraSholat #Yufid #KesalahanKetikaSujud

*
MASIH CARI ARTIKEL ISLAM DI GOOGLE?
Yuk, cari di Yufid.com (Islamic Search Engine) saja. Insyaallah LEBIH menenangkan hati!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.